Jelang UN, peserta didik SMK YMIK Jakarta gelar iktigosah


By Teguh Firman Saputra
01/04/2016 - 01/04/2016
SMK YMIK Joglo Jakarta Barat, Komp-DPR-RI Pribadi



Deskripsi Kegiatan

Kata “istighotsah” استغاثة berasal dari “al-ghouts”الغوث yang berarti pertolongan. Dalam tata bahasa Arab kalimat yang mengikuti pola (wazan) “istaf’ala” استفعل atau “istif’al” menunjukkan arti pemintaan atau pemohonan. Maka istighotsah berarti meminta pertolongan. Seperti kata ghufron غفران yang berarti ampunan ketika diikutkan pola istif’al menjadi istighfar استغفار yang berarti memohon ampunan.

Jadi istighotsah berarti “thalabul ghouts” طلب الغوث atau meminta pertolongan. Para ulama membedakan antara istghotsah dengan “istianah” استعانة, meskipun secara kebahasaan makna keduanya kurang lebih sama. Karena isti’anah juga pola istif’al dari kata “al-aun” العون yang berarti “thalabul aun” طلب العون yang juga berarti meminta pertolongan.

Istighotsah adalah meminta pertolongan ketika keadaan sukar dan sulit. Sedangkan Isti’anah maknanya meminta pertolongan dengan arti yang lebih luas dan umum.

Mudah-mudahan dengan dzikir bersama ini, anak-anak akan tenang dalam menghadapi ujian nasional. Sebab, menjelang UN yang khawatir bukan hanya siswa, tetapi juga guru-guru dan orang tua. Kekhawatiran siswa tersebut bermacam-macam antara lain takut tidak mampu menyelesaikan soal bahkan takut mendapatkan soal yang jauh berbeda dengan latihan dan tryout yang selama ini sudah dilakukan Setelah siswa sudah belajar, ibu dan bapak guru sudah mendidik mereka, orang tua juga demikian, yang dibutuhkan tinggal doa untuk mendapat ketenangan. Anak-anak diharapkan bisa konsentrasi mengisi soal-soal UN, tidak terpengaruh gosip-gosip bocoran soal, dan lainnya yang bisa mengganggu siswa. Hal ini sesuai dengan motto pelaksanaan ujian nasional tahun ini yaitu prestasi penting, integritas tinggi.


0

0 total
5
0%
4
0%
3
0%
2
0%
1
0%

SHARE THIS




Kalender