Analisa Pesantren - Pemberdayaan Pesantren Maritim


By Muhammad Umar Safari
13/02/2016 - 17/06/2016
Kemenag RI



Deskripsi Kegiatan

Untuk mempercepat pembangunan daerah tertinggal, pinggiran dan kepulauan khususnya daerah pesisir, peran pesantren menjadi sentral dalam membantu mempercepat pembangunan tersebut.  Pondok pesantren bahari merupakan salah satu motor penggerak percepatan industrialisasi kelautan dan perikanan melalui berbagai kegiatan usaha yang dilakukannya.

Peran strategis pondok pesantren yang diharapkan perannya menjadi mitra pemerintah dalam pemberdayaan ekonomi kerakyatan. Karena pondok pesantren pada umumnya lahir dan berbasis di daerah-daerah pedesaan yang masyarakatnya masih memegang teguh sikap gotong royong dan kekeluargaan. Keberadaan pondok pesantren di masyarakat mempunyai peran yang sangat strategis dalam pendidikan, yang sangat mengakar di masyarakat menjadi kekuatan tersendiri dalam membangkitkan semangat masyarakat untuk mencapai kemajuan dan kehidupan yang lebih sejahtera.

Di samping berfungsi dan berperan sebagai agen pemberdayaan masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan, pondok pesantren diharapkan juga mampu memberdayakan diri agar mandiri, terutama dalam aktivitas ekonomi. Oleh karena itu, dalam mentransformasikan potensi pondok pesantren sebagai agen pemberdayaan umat, diperlukan upaya strategis untuk menghasilkan santri-santri yang handal, peka terhadap arus globalisasi, modernisasi serta masalah sosial budaya yang ada di tengah-tengah umat, selain ahli dalam agama.

Sebagai langkah pertama dalam implementasi Program PEP Tahun 2015 dengan dimasukkan dalam agenda nasional tahunan Program SAIL. Pada tahun 2015 akan dilaksanakan Sail Tomini yang akan berlangsung di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Salah satu bidang dari 20 program pada SAIL Tomini 2015 adalah program Pemberdayaan Ekonomi Umat melalui Pondok Pesantren (PEP) yang difokuskan pada pondok pesantren bahari/kelautan, di mana Kementerian Agama RI menjadi salah satu penaggung jawab program tersebut.

Sumber : http://ditpdpontren.kemenag.go.id/direktur-menyapa/pemberdayaan-pesantren-maritim/


0

0 total
5
0%
4
0%
3
0%
2
0%
1
0%

SHARE THIS




Kalender