Alfamart Class Cetak Lulusan SMK Berkualitas yang Siap Bekerja dan Berkarya


By Teguh Firman Saputra
18/05/2017 - 19/05/2017
Jakarta Barat



Deskripsi Kegiatan

Jakarta -- PT Sumber Alfamart Trijaya, perusahaan yang membawahi minimarket Alfamart, membuat sebuah gebrakan dengan program bernama Alfamart Class.
Program ini diimplementasikan bagi para siswa dan siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Dalam program ini, selain memfasilitasi pembuatan ritel di lingkungan sekolah sebagai laboratorium business center, para ahli ritel Alfamart juga melakukan bimbingan secara teknis, baik kepada para guru maupun murid di sekolah tersebut.

moment menggembirakan bagi keluarga besar SMK YMIK Jakarta, di kawasan Kembangan, Jakarta Barat. Pada hari tersebut, Alfamart Class memulai programnya di sekolah tersebut. Ditandai dengan peresmian sebuah ritel modern di bagian depan sekolah. Peresmian dilakukan Wakil Kepala Dinas Pendidikan Dki Jakarta, Bowo Irianto dan disambut suka cita oleh murid dan guru.

“Kami sangat gembira. Ini menjadi bekal tambahan bagi para siswa kami untuk memperdalam ilmu pemasaran. Nantinya siswa bisa dengan mudah mengimplementasikan ilmu teori karena mereka akan digilir untuk menjaga minimarket ini,” kata Dra.Fajar Rinawati, Kepala Sekolah SMK YMIK kepada TVRI usai peresmian.

Meskipun berada di lingkungan sekolah, minimarket tersebut juga akan melayani pembeli umum.

“Seperti anda lihat, ada dua pintu utama minimarket. Satu terakses dengan lingkungan sekolah sedangkan pintu utamanya menghadap ke jalan. Karena target utamanya kami menyasar konsumen umum, sehingga siswa bisa mempratikkan langsung bagaimana caranya melayani konsumen, bagaimana memanajemen usaha dengan baik. Intinya, mereka bisa terjun langsung secara nyata ke dunia kerja,”

Selain itu, untuk meningkatkan kompetensi di bidang ritel, beberapa utusan dari Alfamart menjadi guru tamu di sekolah tersebut. Para ahli itu akan menjadi mentor, dalam rangka meningkatkan kompetensi para guru, juga meningkatkan pengetahuan kepara para siswa. “Yang diajar bukan Cuma siswanya, tapi guru-guru kami juga mendapatkan bimtek (bimbingan teknis) dari mereka mengenai manajemen ritel,” jelasnya.

Euis Sartika (17), siswi kelas 11 jurusan pemasaran menjadi salah satu siswi terpilih menjadi ‘karyawan’ dalam pembukaan awal minimarket itu. “Ini akan menjadi pengalaman sekaligus pelajaran berharga. Jika selama ini kami hanya mendapatkan teori-teori saja di dalam kelas, sekarang kami bisa praktik langsung. Di sini kita akan tahu bagaimana menjalankan sebuah usaha,” katanya, semringah.

Bowo Irianto selaku Waka Dinas Pendidikan DKI Jakarta mengapresiasi upaya Alfamart yang turut berupaya memajukan mutu pendidikan. “Ini sebuah upaya baik dari pihak swasta dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan siswa sekolah menengah, khususnya di Jakarta” katanya.

Menurut Bowo, Alfamart Class memungkinkan siswa dan siswi SMK mampu meningkatkan kompetensi dalam bidang ritel, mengembangkan etos kerja dan kemandirian. “Diharapan siswa bisa menjadi pembelajar sejati, baik secara teori maupun praktik,” katanya.

Branch Manager Alfamart,mengatakan, saat ini Alfamart Class telah menyasar 115 SMK di 40 wilayah di Indonesia. “Program ini dijalankan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang siap pakai di industri ritel,” katanya.

Selain menghibahkan laboratorium business center berupa minimarket Alfamart sebagai media pratik belajar siswa di sekolah, pihaknya juga melakukan sinkronisasi program pendidikan yakni dengan memberikan bimbingan atau pengajaran baik kepada guru maupun siswa-siswi SMK. Secara berkala pihak dari Alfamart juga akan memantau perkembangan minimarket itu, untuk memastikan sistem pengelolaan berjalan dengan baik.

“Tujuan selanjutnya dari program ini, mendorong lulusan SMK bisa jadi wirausaha. Bisa memulainya dengan membuka toko lalu meningkatkannya menjadi minimarket termasuk kemungkinan membuat jaringan besarnya. Keinginan seperti itu tentunya akan terwujud apabila mereka punya pengetahuan baik soal bisnis ritel, baik soal cara memanajemen maupun dari sisi non teknis yakni bagaimana memperlakukan konsumen,” jelasnya.

(sumber foto : Bpk.Dedih,S.Pd)


0

0 total
5
0%
4
0%
3
0%
2
0%
1
0%

SHARE THIS




Kalender